LOMBOKita - Upaya pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam menanggulangi kurangnya angka kemiskinan terus dilaksanakan. Salah satunya dari terlaksananya Program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK).

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Suherman mengatakan program ini terlaksana atas kerjasama PNPM Mandiri, Pemprov NTB, dan Pemda Lombok Barat. Sedang untuk pelaksana kegiatan di Kecamatan Labuapi Lombok Barat adalah BKM Benang Emas Desa Bajur.

"Ini merupakan bentuk dari upaya pemerintah dalam memberdayakan masyarakat agar mampu meningkatkan kesadaran warga dalam membangun Desa." ujarnya Rabu (21/11/2012).

Dikataka  suherman, program PLP BK akan mulai laksanakan pada Desember nanti, Program ini merupakan kepercayaan dari PNPM mandiri kepada BKM Benang Emas Desa Bajur.

Sosialisasi masa ini sudah dilaksanakan mulai taggal 18 november 2012 kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggelar berbagai macam kegiatan,seperti, pasar malam, jalan sehat, serta berbagai macam perlombaan yang di pusatkan pelaksanaanya dilapangan Bajur, sesuai jadwal kegiatan ini akan berakhir pada hari ini Rabu 21 November 2012.

LOMBOKita - Menjelang penilaian piala adipura, Pemkot Mataram terus melakukan berbagai persiapan termasuk menerjunkan personil petugas kebersihan membersihkan tumpukan sampah yang mengenang di saluran draenase disejumlah titik di Kota Mataram

Kabak Humas dan Protokol Kota Mataram, Cukup Wibowo saat ditemui di kantornya, mengatakan penilaian adipura pada sudah bukan lagi pada persiapan, tetapi sudah
masuk pada langkah langkah kongkrit.  Dengan melakukan kordinasi semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk dengan Badan Lingkungan Hidup.

"Kita berharap dengan adanya kordinasi antara semua SKPD secara sinergis akan semakin memudahkan Pemkot dalam menangani persoalan sampah. Karena bagaimana pun persoalan sampah kan menjadi tanggung jawab kita bersama" kata Cukup.

LOMBOKita - Peran tenaga kehumasan salah satu hal penting di era keterbukaan informasi publik, khususnya pada lembaga publik. Terkait itu, kapasitas Sumberdaya Manusia (SDM) bidang kehumasan menjadi kebutuhan.

Hal ini menjadi perhatian Pemprov NTB dengan menggelar pelatihan jurnalist dalam meningkatkan peran humas bagi tenaga kehumasan di lingkup Sekretariat daerah maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang digelar selama dua hari, 19 sampai 20 November kemarin.

"Pesertanya dari SKPD yang memiliki program unggulan, serta dari Biro Umum dan Sekretariat Program Unggulan" jelas Kabiro Humas Pemprov NTB Tri Budiprayitno, Rabu (21/11/2012)

Menurut Tri, peningkatan pengetahuan dan kemampuan tenaga kehumasan di lingkup Pemprov NTB ini diharapkan bisa mengoptimalkan penyebaran informasi pembangunan serta informasi lain dari pemerintah kepada masyarakat. Sehingga ikut memberikan peran dalam meningkatkan kapasitas dan pengetahuan masyarakat luas melalui media massa.

 

LOMBOKita - Memasuki musim hujan, berbagai jenis penyakit rentan menjangkit warga Kota Mataram. Salah satunya adalah serangan demam berdarah. 

Jika sebelumnya hanya beberapa kawasan yang perlu diwaspadai, saat ini hampir semua kawasan di Kota Mataram berpotensi terserang penyakit demam berdarah.

“Daerah rawan demam berdarah hampir semua, kalau dulu hanya beberapa, sekarang petanya hampir sama ada.” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr Usman Hadi,
Selasa (20/11/2012).

Ia menjelaskan, demam berdarah disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti, jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain dengue, A. aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow fever) dan chikungunya.